BAB IV UPAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN

4.1.      Rehabilitas Lingkungan

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, keadaan dan mahkluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahkluk hidup lainnya sehingga kualitas lingkungan hidup perlu dijaga dan dikelola dengan bijaksana.

DKI Jakarta sebagai negara Indonesia mempunyai banyak tantangan dalam hal melakukan penataan lingkungan hal ini terkait dengan jumlah penduduk dan urbanisasi yang semakin meningkat juga adanya anggapan bahwa hidup di kota besar seperti Jakarta merupakan pretise tersendiri apabila bisa menaklukkannya, akibatnya pantang mundur untuk pulang kampung walaupun kehidupannya sangat memprihatinkan. Walaupun tantangan kota semakin berat mau tidak mau kota Jakarta harus berbenah dalam mengurangi beban lingkungan, untuk itu perencanaan pembangunan kota harus mulai mengedepankan pemenuhan unsur vitalitas dan kenyamanan warganya. Dalam kaitan tersebut langkah yang dilakukan pemerintah DKI Jakarta khususnya untuk pengembangan dan rehabilitasi lingkungan pada tahun 2011 adalah sebagai berikut :

4.1.1. Pengawasan Amdal, UKL/UPL

Kegiatan pembangunan yang semakin meningkat ini dikawatirkan menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan, sehingga struktur dan fungsi dasar ekosistem yang menjadi penunjang kehidupan akan rusak dan membutuhkan biaya yang sangat besar untuk pemulihannya.

Untuk melakukan tindakan preventif tersebut maka perlu dilakukan suatu kajian/analisa mengenai dampak dasar dan penting dari suatu kegiatan dan/atau usaha yang bertujuan untuk menganalisis, mengukur serta mengidentifikasi dampak terhadap perubahan lingkungan yang mendasar. Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pasal 15 menyatakan bahwa “setiap usaha dan/atau kegiatan yang kemungkinan menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)”.

Dengan mengacu dan mengendalikan akibat yang akan ditimbulkan oleh pengelolaan lingkungan tersebut maka pemerintah DKI Jakarta telah melakukan antisipasi dengan diterbitkannya Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 2863 Tahun 2001 tentang Jenis Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib dilengkapi dengan Amdal di Provinsi DKI Jakarta dan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 189 Tahun 2001 Tentang Jenis Usaha/atau Kegiatan Usaha yang Wajib Dilengkapi dengan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL) di Provinsi DKI Jakarta, serta Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 99 Tahun 2002 tentang Mekanisme Pelakanaan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam proses perizinan daerah, merupakan realisasi konsistensi untuk terwujudnya pembangunan berkelanjutan yang bernuansa lingkungan hidup di Wilayah Provinsi DKI Jakarta, karena permasalah lingkungan apabila tidak dikelola secara baik dan benar dapat menimbulkan permasalahan yang membutuhkan biaya yang sangat besar, maka juga diterbitkannya Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 178 Tahun 2008 tentang Kewajiban Penyusunan Dokumen Lingkungan serta Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pendelegasian Kewenangan Penilaian Dokumen UKL-UPL kepada Kepala Pengelola Lingkungan Hidup Kota Administrasi.

Tujuan pelaksanaan penilaian AMDAL dan UKL-UPL di berbagai sektor adalah sebagai berikut:

1.   Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan analisa, mengukur, menilai, mengidentifikasi dampak besar dan penting terhadap perubahan lingkungan atau struktur dan fungsi dasar ekosistem.

2.   Terkoordinasikannya pengelolaan lingkungan dengan instansi terkait, para pakar, perguruan tinggi, Dewan Kelurahan dan Narasumber lainnya untuk melakukan penelitian/pengkajian suatu usaha dan/atau kegiatan serta menilai kebijakan kualitas lingkungan dari usaha dan/atau kegiatan yang dimaksud.

3.   Memberikan rekomendasi Andal, RKL-RPL atau hasil penilaian UKL-UPL yang merupakan syarat untuk memperoleh perizinan daerah (Keputusan Gubernur KDKI Jakarta Nomor 99 Tahun 2002 tentang Mekanisme Amdal dan UKL-UPL didalam perijinan daerah di Provinsi DKI Jakarta).

4.   Terlaksananya tindakan preventif terhadap usaha dan/atau kegiatan yang dapat meninbulkan dampak besar dan penting.

5.   Termonitornya evaluasi implementasi RKL-RPL dan UKL-UPL usaha dan/atau kegiatan di Provinsi DKI Jakarta.

Provinsi DKI Jakarta pada tahun tahun 2010 jumlah rekomendasi yang dihasilkan sebanyak 92 rekomendasi, sedang pada tahun 2011 telah melakukan pembahasan dan memberikan rekomendasi untuk dokumen sebanyak 78 rekomendasi, apabila dibandingkan dengan tahun 2010 terjadi penurunan jumlah rekomendasi sebanyak 14 rekomendasi, untuk lebih jelasnya tentang rekomendasi yang diterbitkan oleh Pemerintah DKI Jakarta pada tahun 2011 dapat dilihat pada Tabel berikut :

Tabel : IV.107.

Rekomendasi Amdal yang Ditetapkan Oleh Komisi Penilai Amdal tahun 2011

NO

JENIS DOKUMEN

KEGIATAN

PEMRAKARSA

1

Ka.Andal

Pembangunan GOR Bulutangkis dan Fasilitasnya

PT. Djarum

2

Ka.Andal

Pembangunan Gedung Alamanda Office Tower

PT. Karyadeka Graha Lestari

3

Ka.Andal

Pembangunan KX Mall

PT. Inti Utama Dharma R.E

4

Ka.Andal

Pembangunan Gedung Perkantoran dan Fasilitasnya

PT. Tridana Bina Mulia

5

Ka.Andal

Pembangunan UGC 150 KV Semanggi Barat Incomer

PT. PLN (Persero) Proyek Induk Pembangkit &

Jaringn Jawa Bali & Nusa Tenggara

6

Ka.Andal

Pembangunan SKTT 150 KV New Senayan Incomer

(Mampang - Senayan)

PT. PLN (Persero) Proyek Induk Pembangkit &

Jaringn Jawa Bali & Nusa Tenggara

7

Ka.Andal

Pembangunan Gedung Kantor Bank Mega Syariah

Ny. Ratnasari QQ PT. Bank Mega Syariah

8

Ka.Andal

Pembangunan Golden Palm Residences

PT. Alty Investindo

9

Ka.Andal

Pembangunan Kawasan Hunian dan Bisnis

PT. Kencana Unggul Sukses

10

Ka.Andal

Pembangunan Apartemen Pasar Baru dan Fasilitasnya

PT. Trikarya Idea Sakti

11

Ka.Andal

Pembangunan Apartemen Green Garden Residence

PT. Taman Kota

12

Ka.Andal

Pembangunan Perumahan Metland Menteng dan Fasilitasnya

PT. Metropolitan Land

13

Ka.Andal

Pembangunan Kantor, Hotel dan Fasilitasnya

Pemprov DKI Jakarta / PT. Dharma Alumas Sakti /

PT. Gesit Sarana Perkasa

14

Ka.Andal

Pembangunan Rumah Sakit dan Fasiilitasnya "Siloam Hospitals"

PT. Mitra Satu Hati

15

Ka.Andal

Pembangunan Titanium Square

PT. Titanium Property

16

Ka.Andal

Pembangunan Apartemen West Mark

PT. Sandi Mitra Selaras

17

Ka.Andal

Ka. Andal Pembangunan Rumah Sakit dan Fasilitasnya

PT. Nirmala Kencana Mas

18

Ka.Andal

Pembangunan Aapartemen The Fraser Residence

PT. Tri Pura Indah Persada

19

Ka.Andal

Pembangunan Aapartemen Green Lake Sunter

PT. Buana Surya Makmur

20

Ka.Andal

Pembangunan Gedung perkantoran Menara Prima 2

PT. Wiratara Prima

21

Ka.Andal

Pembangunan Apartemen, Town House & Pertokoan The Central 88

PT. Binacitra Tataswasti

22

Ka.Andal

Pengembangan Rukan (Pembangunan Apartemen &

Town House Kelapa Nias)

PT. Summarecon Agung, Tbk

23

Ka.Andal

Pembangunan Perkantoran & Rusunami Belmont Residence

PT. Tjakra Multi Strategi

24

Ka.Andal

Pembangunan Gedung Kantor dan Fasilitasnya

PT. Tumbakmas

25

Ka.Andal

Pembangunan Hunian & Hotel Cikini beserta Fasilitasnya

Universitas Indonesia & PT. Nurtirta Nusa Lestari

26

Ka.Andal

Pembangunan Rumah Susun sederhana milik Delta Cakung

PT. Patal Indomahon Qq. PT. Delta Pinang Mas

27

Ka.Andal

Pembangunan Apartemen dan Perkantoran Pakubuwono Terrace

PT. Selaras Mitra Sejati

28

Ka.Andal

Busway Koridor Kampung Melayu-Pulo Gebang

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta

29

Ka.Andal

Pembangunan Financial Building (Bhakti Tower)

PT. Global Land Development, Tbk

30

Andal, RKL-RPL

Segmen Grogol-Sekretaris, Pakin-Kali Besar-Jelaken,

Krukut Cideng & Waduk Pluit

Project Management Unit (PMU), Direktorat Sungai,

Danau & Waduk, Direktorat Jenderal Sumberdaya Air,

Kementerian Pekerjaan Umum RI

31

Andal, RKL-RPL

Segmen Upper Sunter Cakung Drain (PMU)

Project Management Unit (PMU), Direktorat Sungai,

Danau & Waduk, Direktorat Jenderal Sumberdaya Air,

Kementerian Pekerjaan Umum RI

32

Andal, RKL-RPL

Segen Tunjungan, Lower Angke & Kamal Drain

Project Management Unit (PMU), Direktorat Sungai,

Danau & Waduk, Direktorat Jenderal Sumberdaya Air,

Kementerian Pekerjaan Umum RI

33

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Ruang Serba Guna Olah Raga dan Fasilitasnya

PT. Archipelago Sapta Pesona

34

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Perumahan Citra 7

PT. Lahan Adya bumi

35

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Jakarta MRT Bunderan HI-Kampung Bandan

PT. Mass Rapid Transit Jakarta

36

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Aapartemen Signature Park

PT. Tiara Sakti Mandiri

37

Updating Andal, RKL-RPL

Rusunami Gading Nias Residence

(Rencana Pembangunan Apartemen Grand Emerald)

PT. Tiara Metropolitan Jaya

38

Updating Andal, RKL-RPL

Pengembangan RS. Metropolitan Medical Centre (RS. MMC)

(Pembangunan Rumah Sakit Hunian dan Fasilitasnya)

PT. Hutama Karya

39

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Rusunami Puri Park View

PT. Pelaksana Jaya Mulia & PT. Alam Jaya Perkasa

40

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Multipurpose Terminal

PT. Multi Terminal Indonesia

41

Updating Andal, RKL-RPL

Pengembangan PT (Persero) Kawasan Berikat Nusantara Tanjung Priuk

PT. (Persero) Kawasan Berikat Nusantara Tanjung Priok

42

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Gedung Kantor

PT. Puri Arta Prima

43

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Gedung Kantor Sovereign Plaza

PT. Garama Dhana Laksmi

44

Updating Andal, RKL-RPL

Industri Farmasi

PT. Kimia Farma, Tbk

45

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Apartemen Senopati Suites

PT. Mahkota Asiana Graha

46

Updating Andal, RKL-RPL

Pengembangan Kawasan Ancol Barat Bagian Timur Seluas + 119 Ha

PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk

47

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Gedung Kantor Gudang Garam

PT. Gudang Garam

48

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Perumahan Premier Mansion

PT. Sinar Graha Lestari

49

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Apartemen The Wave

PT. Bumi Daya Makmur

50

Updating Andal, RKL-RPL

Komplek Perkantoran, Stockyard, Gudang dan Bengkel

PT. United Tractors, Tbk

51

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Rukan Grand Aries Niaga Blok E1

PT. Aries Utama Ekagriya

52

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Jaringan Listrik Kabel Bawah Laut Kep. Seribu bagian Utara

Dinas Perindustrian & Energi Provinsi DKI Jakarta

53

Andal, RKL-RPL

Pembangunan KX Mall

PT. Inti Utama Dharma R.E

54

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Rusunami D'Green Pramuka Residence &

Fasilitas Penunjangnya

PT. Duta Paramindo Sejahtera

55

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Gedung Pertemuan Fasilitas Komersial dan Fasilitasnya

Yayasan Darma Putra Kostrad

56

Updating Andal, RKL-RPL

Pembangunan Hotel & Fasilitasnya "Marcure Jakarta Simatupang"

PT. Karya Propertindo Investama

57

Updating Andal, RKL-RPL

Kegiatan Pembangkit Tenaga Listrik

PT. Pembangunan Jawa - Bali

58

Andal, RKL-RPL

Renovasi Rumah jabatan Anggota DPR-RI kalibata

Sekretariat Jenderal DPR-RI

59

RKL-RPL

Pembangunan Club House Jakarta Garden City

PT. Mitra Sindo Sukses

60

RKL-RPL

Pembangunan Shopping Arcade

PT. Mitra Sindo Sukses

61

Updating Andal, RKL-RPL

Terminal Peti Kemas 1 & 2

PT. Jakarta International Container Terminal

62

Updating Andal, RKL-RPL

Pengembangan Pondok Indah Mall

PT. Metropolitan Kentjana, Tbk

63

Updating Andal, RKL-RPL

Pengembangan Kawasan Campuran SCBD

PT. Danayasa Arthatama, Tbk

64

Andal, RKL-RPL

Pengembangan Klub Kelapa Gading

(Pembangunan Gedung Parkir & Rukan)

PT. Summarecon Agung, Tbk

65

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Rusunami Sunter Park View

Kerjasama Operasi (KSO) PT. Solomo Motor Nasional &

PT. Alam Jaya Perkasa

66

Updating Andal, RKL-RPL

Pembangunan Jembatan Penyeberangan Multiguna Senen

Jaya Blok IV - Plaza Atrium serta Pusat Perdagangan, Apartemen

dan Fasilitasnya Senen Jaya (Blok IV & V)

PT. Jaya Real Property, Tbk

67

Andal, RKL-RPL

Peremajaan Pasar Cikini

PD. Pasar Jaya

68

Andal, RKL-RPL

Pembangunan UGC 150 KV Semanggi Barat Incomer

PT. PLN (Persero) Proyek Induk Pembangkit &

Jaringn Jawa Bali & Nusa Tenggara

69

Andal, RKL-RPL

Pembangunan SKTT 150 KV New Senayan Incomer

(Mampang - Senayan)

PT. PLN (Persero) Proyek Induk Pembangkit &

Jaringn Jawa Bali & Nusa Tenggara

70

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Gedung Alamanda Office Tower

PT. Karyadeka Graha Lestari

71

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Perumahan Golden Palm Residences

PT. Alty Investindo

72

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Apartemen Sunter Icon

PT. International Gold

73

Updating Andal,

Pengembangan Kawasan Ancol Brt Bag Timur Seluas + 119 Ha

(Perubahan Geodqkiy)

PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk

74

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Apartemen Pasar Baru dan Fasilitasnya

PT. Trikarya Idea Sakti

75

Andal, RKL-RPL

Pembangunan Kawasan Ancol Barat

PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk

76

Updating Andal, RKL-RPL

Pembangunan Apartemen 1 Park Residences

PT. Dharmala Gandaria Permai

77

Updating Andal, RKL-RPL

Kegiatan Pengembangan PT. Sharp Electronics Indonesia

PT. Sharp Electronics Indonesia

78

Updating Andal, RKL-RPL

Pengoperasian Pusat Perbelanjaan (Mall),

Apartemen dan Perkantoran Senayan City

PT. Manggala Gelora Perkasa

Sumber           : BPLHD Provinsi DKI Jakarta, 2011

Keterangan     :

Sehubungan dengan kondisi yang semakin komplek dalam hal penanganan dokumen maka permasalahan yang sering dihadapi oleh Komisi Penilai Amdal Daerah Provinsi DKI Jakarta adalah sebagai berikut :

a.   Masih adanya pemrakarsa kegiatan yang tidak peduli terhadap lingkungan, sehingga walaupun mengetahui kegiatannya wajib Amdal, mereka enggan memenuhi kewajibannya.

b.   Penyusunan Amdal terlambat, dibandingkan dengan pelaksanan proyek di lapangan.

c.   Bagi pemrakarsa, Amdal lebih dipandang sebagai instrumen perijinan ketimbang instrumen pencegahan dampak lingkungan akibat dari usaha dan/atau kegiatan yang dilakukan, sehingga kontribusi di dalam pengelolaan lingkungan hidup masih rendah.

d.   Kualitas dokumen Amdal yang dihasilkan masih rendah sehingga tujuan ideal pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan tanpa merusak lingkungan masih sebagai harapan bagi berbagai pihak.

e.   Kurangnya atau tidak adanya kepedulian dari pemrakarsa terhadap lingkungan akibat dari kegiatan yang dilakukan, dengan tidak pernahnya melaporkan implementasi RKL-RPL kepada instansi yang bertanggung jawab dan berwenang.

Dengan banyaknya permasalahan tersebut, maka upaya yang saat ini dilakukan adalah :

1.   Perlu adanya ketentuan hukum (Peraturan Gubernur, Keputusan Gubernur) dan penegakan hukum yang tegas kepada pemrakarsa kegiatan yang menyalahi ketentuan yang berlaku.

2.   Untuk perbaikan proses penegakan hukum Amdal, perlu adanya sanksi administrasi, perdata maupun pidana.

3.   Amdal merupakan bagian studi kelayakan dengan pendekatan ilmiah (termasuk sosial) dan pendekatan ekosistem.

4.   Dokumen Amdal yang dihasilkan berkualitas baik dengan melihat sertifikasi dan akreditasi penyusun Amdal.

5.   Perlu sanksi administrasi terhadap pemrakarsa yang tidak pernah melaporkan implementasi RKL-RPL nya.

4.1.2. Pengaduan Masalah Lingkungan

Pembangunan ataupun pelaksanaan proses kerja dari tempat usaha ataupun industri seringkali banyak menimbulkan permasalahan dikemudian hari, hal ini terjadi karena kurang pekanya pengelola kegiatan tentang arti pentingnya penerapan kegiatan yang ramah lingkungan sesuai dengan aturan yang harus dilakukan dalam melakukan proses kegiatan usaha. Pada tahun 2011 masalah pengaduan di Provinsi DKI Jakarta yang dilakukan masyarakat peduli lingkungan maupun warga sekitar tempat usaha yang sering kali merasa dirugikan diantaranya adalah pengaduan terhadap pencemaran sebanyak 22 pengaduan dan pengaduan terhadap penolakan suatu kegiatan sebanyak 4 pengaduan, hal ini dapat dilihat pada Tabel dibawah :

Tabel : IV.108.

PENGADUAN MASALAH LINGKUNGAN DI PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2011

NO

MASALAH YANG DIADUKAN

JUMLAH PENGADUAN

1

Pengaduan terhadap tindak pencemaran air, udara, bau, kebisingan, dan

22

 

limbah B3 yang dilakukan oleh suatu kegiatan usaha

 

2

Pengaduan terhadap penolakan atas kegiatan pembangunan dan kegiatan

4

 

usaha yang menimbulkan dampak terhadap lingkungan sekitar

 

Sumber           : BPLHD Provinsi DKI Jakarta, 2011

Keterangan     :

Tentang status dari masalah yang diadukan masyarakat maupun warga sekitar yang sering kali merasa dirugikan yaitu pengaduan terhadap pencemaran sebanyak 15 pengaduan telah selesai ditangani dan 7 buah pengaduan dalam proses penanganan dan untuk pengaduan terhadap penolakan suatu kegiatan sebanyak 3 buah pengaduan telah selesai ditangani dan 1 buah pengaduan dalam proses penanganan, hal ini dapat dilihat pada Tabel dibawah :

Tabel : IV.109.

STATUS PENGADUAN MASYARAKAT DI PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2011

NO

MASALAH YANG DIADUKAN

STATUS

1

Pengaduan terhadap tindak pencemaran air, udara, bau,

15 pengaduan telah selesai

 

kebisingan, dan limbah B3 yang dilakukan oleh suatu

ditangani, 7 pengaduan

 

kegiatan usaha

dalam proses penanganan

2

Pengaduan terhadap penolakan atas kegiatan

3 pengaduan telah selesai

 

pembangunan dan kegiatan usaha yang menimbulkan

ditangani, 1 pengaduan

 

dampak terhadap lingkungan sekitar

dalam proses penanganan

Sumber           : BPLHD Provinsi DKI Jakarta, 2011

Keterangan     :

Untuk Lebih lengkapnya tentang pengaduan masyarakat dan upaya penanganannya yang telah dilakukan serta lokasi wilayah yang terjadi, dapat dilihat pada Tabel UP-7A (T) dan Tabel UP-7B (T) pada Buku Data.

 

*      Unduh Buku I Bab 4.1

 

 
Copyright (c) BPLHD Provinsi DKI Jakarta